Ketika kita menyimpan data dikomputer
terkadang lupa dimana lokasi tempat file tersebut tersimpan. mungkin
terlalu banyak data-data yang tersimpan didalam komputer. kadang terasa
sayang untuk menghapus data-data yang sudah tidak terpakai, dengan
anggapan data tersebut dapat dipakai kembali dikemudian hari. Pada saat
data tersebut diperlukan, namun ternyata kita lupa dimana lokasi data
tersebut disimpan. Yang lebih parah lagi kita lupa nama data tersebut,
yang ingat hanya data tersebut dibuat di microsoft word. Pada trik kali
ini penulis mencoba berbagi pengalaman untuk mencari data didalam
komputer berdasarkan ekstensi/tipe data.
Cara ini tidak bisa untuk menemukan
langsung data yang ingin dicari, tapi dengan cara ini kita dapat
membatasi pencarian file-file dengan tipe/ekstensi tertentu. Contoh jika
kita ingin mencari dokumen ms.word, maka kita cukup ketikkan *.doc (MS.
Word 2003) atau *.docx(Ms. word 2007 keatas) pada kotak search yang ada
diexplore.
1. Buka aplikasi Explore
2. Ketik ekstensi file yang ingin kita cari, kemudian enter.
Ada beberapa tipe data yang harus kita ketahui untuk mencari file di dalam komputer. Tipe data yang umum digunakan di komputer antara lain:
- .doc (ms.word 2003) dan .docx (ms.word 2007 keatas)
- .xls (ms.excel 2003) dan .xlsx (ms.excel 2007 keatas)
- .ppt (ms.powerpoint 2003) dan .pptx (ms.powerpoint2007 keatas)
- .jpg / .jpeg / .bmp / .png / .gif untuk gambar
- .psd untuk photoshop
- .pdf untuk file pdf yang biasa dibuka dengan adobe reader
- .exe file aplikasi
- .ico file untuk icon
- .mp3 / .wma untuk mp3/lagu
- .flv / .mp4 / .mpeg / .avi / .3gp file untuk video
- .rar dan .zip untuk file yang di kompres, biasanya dibuka dengan WinRar.
0 comments:
Post a Comment